Tentang Email Marketing – ADHITYA TRI

Tentang Email Marketing

Share

Mengapa anda harus bermain email marketing? Jika anda saat ini anda sedang atau akan membangun sebuah database bisnis anda, email marketing adalah salah satu jalur yang harus anda tempuh sekarang juga, selain jalur lain seperti FB Ads (pixel atau custom audience), nomer hape, whatsapp (grup atau contact), telegram (grup atau channel), FB Personal (Grup atau event), dan masih banyak lagi..

Mengapa email marketing?
Kebetulan sekali, sudah sejak 2014 saya sudah bermain email marketing. Dalam email marketing, anda cum butuh 2 hal. Pertama, autoresponder. Kedua, email sender. Cuma itu!
Email marketing menurut saya, adalah tempat untuk promosi paling efektif yang sejak dahulu kala sampai saat ini tetap memiliki konversi sangat tinggi diluar banyaknya teknik atau metode promosi lain. Kenapa bisa seperti itu? Gini, jika anda punya email, maka email anda pasti ada inboxnya kan? Disitulah powerfullnya email, email sangat sangat privasi, bukan? Dan ketika anda melakukan promosi di dalam email, maka promosi anda juga akan bersifat privasi (SEKALI). Dengan adanya hal ini, satu hal yang harus kamu, jika sudah privasi maka, audience anda tidak akan lari kemana mana selain membaca email anda. Simple bukan?

Email marketing tidak sama dengan autoresponder. Kok bisa?
Email marketing itu teknik, autoresponder itu alat. Paham kan maksudnya?
Jadi jangan di samakan ya. Keduanya itu beda. Email marketing itu teknik promosi, autoresponder itu sebuah alat, misalnya kirim.email, getresponse, aweber, list kingdom, dan masih banyak lagi. di google buanyak kok hehe

– Memulai Email Marketing –
Di awal pastikan kamu sudah berlangganan autoresponder lebih dahulu jika ingin memulai email marketing. 2017 ini, autoresponder udah kayak tempe goreng, selain murah, sekarang banyak sekali pilihannya, ini beda kasus dengan ketika saya memulai email marketing di tahun 2014 lalu. Dan yang lebih enak lagi, harganya murah murah juga. Untuk memakai autoresponder, anda memiliki dua pilihan. Pilihan pertama, langganan autoresponder dengan cara bayar bulanan/tahunan. Pilihan kedua, beli sekali pakai sepuasnya..

Pada pilihan pertama, anda bisa memakai rekomendasi dari saya berikut ini;
1/ Kirim Email » http://klikreview.com/kirimemail (Site resmi: http://kirim.email)
2/ Getresponder » http://gr8.com/pr/3qoKl/d (Site resmi: https://getresponse.com)
Cuma dua itu yang saya rekomendasikan autoresponder dengan metode pembayaran bulanan atau tahunan. Untuk pilihan ini anda tinggal pakai, tidak ada setting aneh aneh juga. Beda dengan pilihan kedua..

Pada pilihan kedua, anda bisa memakai ini:
1/ Arpreach » https://www.arpreach.com/
2/ Mailwizz » https://codecanyon.net/item/mailwizz-email-marketing-application/6122150
Keduanya cukup bayar sekali aja. Tapi anda harus menyiapkan server khusus untuk memakainya. Dan anda harus siapkan SMTP (sender email) untuk autoresponder jenis ini

SMTP? Apalagi ini? Hehe
SMTP itu anda butuhkan jika anda memakai pilihan kedua. SMTP sendiri berperan sebagai pengirim email anda kepada database list anda. Mengapa harus memakai SMTP? Secara logika, karena anda menginstall autoresponder di dalam server anda, maka pengirim emailnya juga memakai server anda, dan ini tidak mungkin anda lakukan karena anda akan mendapatkan masalah ini;
1/ Email anda masuk spam box
2/ Kena banned dari server/hosting anda karena terdeteksi spam
3/ Kualitas email sender anda sangat buruk
SMTP biasanya anda harus bayar langganan tiap bulan. Untuk saat ini saya memberikan rekomendasi anda memakai sendgrid atau mailgun, jika mau agak ribet anda bisa memakai amazon SES juga

Lebih lengkapnya, saya sudah membuatkan tutorial ttg email marketing disini » https://www.mediafire.com/folder/ncm9jp0pe6n4r/EMS (silahkan di download dan di pelajari baik baik)

See you!

About the Author adminadhitya

Leave a Comment: